Metode dan Strategi untuk Bermain Kartu Domino, Gaple, dan QQ dengan Jitu

Kartu domino dikenal oleh orang Minang sebagai “Balak”. Biasanya bermanfaat untuk mengisi waktu luang sambil minum di Lapau atau ngopi di pos ronda dan tempat santai lainnya. Belajar main domino relatif lebih mudah dibandingkan dengan belajar main koa atau ceki, dan tidak banyak kartu yang digunakan. Permainan ini hanya terdiri dari 28 kartu jika koa/ceki menggunakan 180 kartu sekali main.

Permainan Domino, yang diperkirakan berasal dari kebudayaan Tiongkok ini, menggunakan kartu berukuran sekitar 3×5 cm dan terdiri dari kombinasi dua angka, masing-masing diwakili dengan titik kecil berwarna hitam dan merah.

Untuk kartu dengan nilai yang sama, seperti 0–0, 1–0, dll., disebut “Balak”. Dengan demikian, ada tujuh balak yang dimainkan dalam satu permainan. Balak yang paling unik adalah Balak Eseh, yaitu balak dengan nilai nol di kedua sisi. Kartu ini biasanya diberikan pada awal permainan.

Cara Bermain Domino (Balak): Peraturannya sederhana: masing-masing pemain harus menyambung ujung susunan kartu domino yang memiliki angka yang sama. Anda dapat memberikan giliran jika Anda tidak memiliki kartu untuk menyambung. Begitu seterusnya sampai kartunya habis. Pemenang adalah yang pertama habis.

Orang Minang biasanya memainkan domino dengan batu daripada gaple. Teknik permainan juga berbeda. Domino dimainkan oleh empat orang dalam dua tim. Masing-masing tim mengenakan mandan saat bermain. Dalam permainan ini, peran rekan sangat penting untuk mengontrol (menghambat) ruang gerak lawan. Ini memungkinkan mandan untuk memenangkan permainan.

Cara Membaca Kartu Lawan pada Domino
Dalam main domino ada istilah menghitung batu artinya menghitung kartu. semua kartu yang telah dibuang dan siapa pun yang mungkin memiliki kartu sisa. Untuk menjadi terbiasa dengan membaca kartu dan alur permainan, diperlukan banyak jam terbang.

Satu kartu terdiri dari tujuh kartu, seperti kartu 6, yang terdiri dari angka 0-6, 1-6, 2-6, 3-6, 4-6, 5-6, dan 6-6. Kemungkinan menang lebih besar bagi pemain dengan variasi terbanyak dari angka yang sama. Nomor tersebut digunakan sebagai coki pemain. Teknik khusus biasanya memungkinkan mandan untuk mengetahui coki dari rekan mainnya. Jadi, mandan harus orang yang dekat. untuk mendapatkan pemahaman yang cepat tentang kartu mandan.

saat kartu atau batu dibagikan, dengan masing-masing pemain menerima tujuh kartu. Pertama kali kalian harus menyusul kartu-kartu dengan pola angka yang sama misal angka 6. Misalkan 0-6, 1,-6, 3-6, 4-6. Kalian sudah memegang 4 kartu dengan pola angka 6. Berarti tersisa ada 3 kartu lain yang dipegang di 3 pemain yang lain.

Menjaga keterlibatan Anda dalam permainan dan menunggu sampai kartu 6 turun secara bertahap. Kemungkinan besar ada pemain yang buntu /tidak memegang kartu 6. Jika yang buntu adalah lawan, maka kemungkinan kalian menang terbuka lebar. Kalau misalkan yang buntu adalah mandan kalian, maka kalian harus mengatur strategi agar mandan tidak buntu.

Cara Main Domino Simpang Ampek
Ini merupakan variasi dari permainan domino. Bila biasanya kartu domino/gaple dimainkan dengan susunan memanjang, kali ini dimainkan dengan berbentung simpang 4. Biasanya yang menjadi titik simpul adalah balak. Kemudian pemain menambahkan kartu bisa di empat kemungkinan sisi.

Cara menghitung poinnyapun berbeda. Poin yang dihitung adalah apabila jumlah dot (titik) dikeempat sisi merupakan kelipatan 5, selain itu maka tidak dihitung poin.

Cara Main Domino QQ
Domino QQ sebenarnya bukanlah budaya asli minang. Permainan domino QQ adalah bentuk permainan domino yang paling dikenal, dan seringkali dijadikan judi. Kartu yang digunakan sama, hanya saja sekarang lebih banyak dimainkan secara online dan digital.

Cara mainnya sederhana, setiap pemain akan dibagikan 4 kartu. Kemudian pemain membagi 2 kartu tersebut (masing-masing dua kartu). Pemain harus mengkombinasikan kartu-kartu menjadi angka 9 atau yang paling mendekati angka 9. Bila mempunyai 1 angka 9 maka disebut Qyu atau ‘Q’. Kalau ada dua maka disebut Qyu Qyu.

Untuk kamu yang biasa bermain online tentunya sudah sangat akrab dengan game mobile Higgs Domino. Kamu bisa banyak berlatih sendirian. Memperbanyak jam terbang, sehingga kamu puny banyak strategi dan pengalaman untuk bermain secara offline.

Higgs Domino Qiu Qiu

Selain ketiga itu, masih banyak lagi variasi lain dari permainan batu domino. Permainan ini, dan juga koa, biasanya juga dimainkan oleh pelajar dan mahasiswa minang. Bahkan permainan ini juga mereka bawa saat kuliah di rantau. Saat senggang dan taragak main, mereka akan mencari dimana orang menjual kartu (batu) Domino dan juga Kartu Koa. Biasanya orang rumah makan padang adalah sumber informasi yang tepat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *